Rabu, 02 Juli 2008

ROBOT TIKUS

Robot tikus adalah robot sederhana yang berukuran kecil yang beroperasi dalam lingkungan labirin. Robot ini berukuran 13 CM X 13Cm. Bergerak dalam labirin berukuran 18 cm. Robot tikus ini termasuk dalam konsep pencarian (searching)yaitu robot yang bekerja mencari sesuatu dalam labirin yang belum terpetakan. Dan robot ini sering dilombakan.

Robot tikus yang saya buat ini memiliki tiga buah sensor inframerah pendeteksi lingkungan yang terpasang di samping kanan, kiri serta depan, pengendalian menggunakan mikrokontroler AT89C2051, dan penggerak menggunakan dua buah motor dc yang dipasang disebelah kana dan kiri robot. Blok perangkat keras ditampilkan pada gambar dibawah ini. penampang dan bentuk fisiknya diperlihatkan pada gambar berikunya

1 komentar:

Iwan Kurniawan mengatakan...

Saya saat ini sedang melakukan penelitian tetang robot pemindah benda. Saya sedang kesulitan dalam penggunan sensor infra merah. Saya ingin mnanyakan sebagai penerima ir led sebaiknya menggunakan apa?phototransistor atau yang lain?bagaimana rangkaian yang baik (saya menggunakan LM324 dan potensiometer-teg. referensi)?bagaimana penempatan antara pengirim dan penerima sehingga dapat menghindari halangan dengan baik. Dimohon bantuannya. Terimakasih.. (gigsy_one@yahoo.com)